Siap-Siap Daftar LPDP Tahap 2 2022

Umum  

Para pemburu beasiswa, bersiaplah untuk mendaftarkan diri pada beasiswa LPDP Tahap 2 tahun 2022. Pastikan semua persyaratan sudah disiapkan dan sudah mulai melirik-lirik kampus yang akan dituju. Akan lebih bagus lagi jika kampus tujuan sudah memberikan surat penerimaannya. Bakalan mulus deh jalan untuk mendapatkan beasiswa.

Cek jadwal berikut untuk memastikan jadwal yang harus dicermati.

Pendaftaran Beasiswa Tahap 2 : 4 Juli - 5 Agustus 2022

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Seleksi Administrasi : 8-19 Agustus 2022

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi : 22 Agustus 2022

Seleksi Bakat Skolastik : 29 Agustus - 10 September 2022

Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik : 11 September 2022

Seleksi Substansi : 15 September 2022

Pengumuman Hasil Seleksi Substansi : 11 November 2022

Melihat jadwal di atas, artinya masih ada satu bulan lagi untuk pendaftaran beasiswa tahap 2 dibuka. Tapi jangan berleha-leha, mulai sekarang siapkan diri. Cek skor bahasa Inggris, jika sudah kedaluarsa tanggalnya, berarti harus segera tes lagi. Cek semua dokumen yang diperlukan, apakah sudah sesuai atau belum. Satu hal yang paling penting, berburu kampus tujuan. Beasiswa LPDP ini mensyaratkan pelamarnya sudah menerima Letter of Acceptance (LoA) dari kampus tujuan. Jadi, mulai sekarang berkorespondensi dengan pihak kampus (administrasi maupun kepada calon supervisor) untuk mendapatkan informasi yang lebih detail.

Perlu diingat bahwa para calon supervisor di luar negeri adalah orang-orang yang sangat sibuk. Karena itu, menghubungi para profesor tersebut harus dilakukan jauh-jauh hari, mengantisipasi mereka lambat membalas email kita. Hal lain lagi, jika mereka membalas, belum tentu mereka menerima kita. Jika mereka menolak kita, artinya kita harus menghubungi profesor lain di kampus lain. Ini sangat memakan waktu. Karena itu sisihkan dalam satu hari, sekitar 1-2 jam untuk melakukan eksplorasi kampus tujuan, mengirimkan email dan lainnya.

Selain syarat-syarat tersebut, pastikan mengecek juga syarat lainnya sehingga kita bisa persiapkan dengan matang.Seperti surat rekomendasi, motivation letter maupun terjemahan dari ijazah maupun transkrip nilai kita.

Langkah selanjutnya, ketahui cara mendaftar beasiswa LPDP ini. Berikut adalah informasinya.

1. Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/

2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran

3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

4. Pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Surat Keterangan atau yang sejenis dibuat/diterbitkan pada tahun 2022 (informasi detail terkait dokumen dapat dilihat pada booklet atau buku panduan masing-masing program)

Berkenaan dengan seleksi yang dilakukan, situs resmi LPDP menjelaskan bahwa proses Seleksi akan dilakukan dengan menyesuaikan kebijakan pemerintah terkait pandemi Covid-19. Proses seleksi dapat dilakukan secara daring atau luring, atau gabungan daring dan luring (hybrid) menyesuaikan kebijakan pemerintah tersebut. Karena itu, pada aplikasi pendaftaran, pendaftar harus memilih kota/lokasi Seleksi yang disediakan oleh LPDP. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jika nantinya Seleksi akan dilakukan secara luring atau hybrid.

Jika lolos dari seleksi beasiswa Tahap 2 maka perkuliahan paling cepat dimulai Januari 2023. Informasi ini penting diketahui calon pelamar beasiswa agar dapat menyampaikan kepada kampus tujuan mengenai rencana studi yang akan dilakukan.

Terkait dengan syarat LoA, dijelaskan bahwa ada dua jenis LoA, yaitu LoA Unconditional yang merupakan surat resmi dari perguruan tinggi (official admission) yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut sepenuhnya, kecuali persyaratan sponsor pendanaan, dokumen fisik ijazah dan transkrip nilai jenjang studi sebelumnya, dan/atau persyaratan tambahan yang tidak berisiko mengubah status diterimanya orang tersebut sebagai mahasiswa pada program studi yang dituju serta memuat nama lengkap, jenjang studi, program studi, serta durasi studi, lama studi, permulaan studi dan/atau akhir studi.

Karena itu, LoA Unconditional yang diunggah harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

1. Perguruan Tinggi dan Program Studi harus sesuai dengan salah satu pilihan pada aplikasi pendaftaran

2. Dimulainya (intake) studi harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan LPDP terkait waktu perkuliahan paling cepat yang diizinkan.

3. Jika intake perkuliahan yang tercantum pada LoA Unconditional yang diunggah tidak sesuai ketentuan maka wajib melampirkan Surat Defer (Penundaan) dari Perguruan Tinggi yang menerbitkan LoA

4. Jika pendaftar mengunggah LoA Unconditional yang tidak sesuai ketentuan LPDP, maka dianggap tidak memenuhi kriteria pendaftaran.

Info lebih lanjut bisa mengunjungi tautan berikut : https://lpdp.kemenkeu.go.id/en/beasiswa/kebijakan-umum/

Berita Terkait

Image

Enam Pilihan Beasiswa Ke Inggris Selain Chevening

Image

Tips Menulis Personal Statement

Image

Kuliah S1 di Luar Negeri dengan Beasiswa? Bisa Banget

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image