Yang perlu diketahui tentang Beasiswa Pendidikan Indonesia

Umum  

Sudah pada tau kan ya, kalau Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) sudah dibuka pendaftarannya? Nah, jadi kita tidak akan membahas hal tersebut. Jika ada yang belum tahu dan ingin tahu, bisa cek di tautan di bawah ya.

Lalu apa yang perlu diketahui terkait BPI ini? Ada beberapa hal.

Pertama, beasiswa BPI bagi dosen ternyata batas usianya ditambah. Bisa sampai usia 53 tahun untuk mendaftar beasiswa ini. Kuliahnya pun bisa di dalam atau di luar negeri. Nah, Ibu dan Bapak dosen, ini kesempatan yang luar biasa yaa .

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kedua, untuk studi di luar negeri, jumlah universitas yang bisa didaftar sudah semakin banyak. Sebagai contoh, pada masa lalu, hanya kampus-kampus tertentu di Australia yang masuk dalam daftar tetapi tahun ini, hampir semua universitas negeri di Australia masuk dalam daftar kampus yang boleh kita jadikan tempat studi. Jadi lebih leluasa yaa

Namun pastikan kita tidak mengabaikan syarat mengenai Letter of Acceptance (LoA) dari kampus tujuan belajar. Pasalnya, ini menjadi poin wajib bagi Anda yang berminat untuk mendaftar beasiswa BPI ini. Wah, sulit dong? Tergantung ya. Jika kita sudah memenuhi semua persyaratan maka pendaftaran ke kampus tidak terlalu sulit. Jadi memang, persiapan untuk mendaftar beasiswa BPI dan pendaftaran ke kampus, harus bersamaan. Yang lebih afdol memang diterima dulu di universitas tujuan, baru kemudian mendaftar ke BPI.

Ketiga, ada syarat esai yang harus diisi saat mengisi aplikasi pendaftaran BPI. Pastikan Anda menjawab dengan baik pertanyaan-pertanyaan dalam esai tersebut. Biasanya kita bingung dengan jawaban yang ingin kita sampaikan. Padahal untuk ini tidak terlalu sulit. Pastikan Anda menuliskan, tujuan Anda kuliah apa? Lalu mengapa kuliah ini penting untuk masa depan Anda? Nah, saat menjelaskan mengenai mengapa kuliah ini penting untuk masa depan Anda, ingatlah, jangan hanya membahas diri sendiri Tetapi harus membahas kemanfaatan untuk orang lain, instutitusi tempat kita akan bekerja kelak dan lebih luas lagi, manfaat bagi Indonesia.

Hanya saja, harus diingat bahwa manfaat bagi Indonesia ini sangatlah luas. Jangan sampai kita terjebak dalam penjelasan yang “di awang-awang” alias tidak masuk akal. Yang paling mudah adalah, menarik manfaatnya ke orang-orang atau masyarakat di lingkungan sekitar kita.

Contoh, jika Anda seorang dosen teknik lingkungan misalnya, maka kemanfaatan ilmu Anda saat kembali ke kampus nanti (setelah selesai kuliah), adalah dengan membagikan ilmu tersebut kepada para mahasiswa Anda, membuat kegiatan pengabdian kepada masyarakat di pedesaan tertentu sehingga implementasi hasil penelitian bisa dilakukan, atau berbagi hasil penelitian tersebut dengan kolega lain di kampus untuk kemudian dikembangkan lebih lanjut. Dengan cara ini, Anda sudah berkontribusi bagi pembangunan negeri ini.

Dengan kata lain, Anda sudah memanfaatkan ilmu tersebut untuk kemaslahatan umat. Jika Anda ingin menjadi menteri lingkungan hidup setelah kembali dari studi, boleh-boleh saja. Karena ini adalah capaian pribadi dan impian pribadi yang tidak boleh ditiadakan. Tapi, apa manfaatnya bagi masyarakat jika Anda menjadi menteri lingkungan hidup? Nah, ini poin pentingnya.

Jadi, sudahkah Anda bersiap untuk mendaftar BPI yang saat ini sedang dibuka? Jangan sampai terlewat tenggat waktunya ya. Berikut adalah tautan untuk mengeksplorasi informasi mengenai BPI : https://beasiswa.kemdikbud.go.id/informasi/

Selamat berburu beasiswa ya (Arbaiyah Satriani)

Berita Terkait

Image

Beasiswa Kuliah di Negeri Gajah Putih

Image

Ke Kanada dengan Beasiswa The University of Winnipeg Presidents Scholarship

Image

Beasiswa Chinese Government Scholarship untuk S2 dan S3

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image